Waktu Untuk Melakukan Penelitian

By | 7 November 2013

Tugas utama seorang Dosen yaitu melakukan Tridharma Pendidikan yang meliputi melakukan pendidikan/pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Ketiga tugas tersebut biasanya berjalan timpang, karena tidak seimbang antara porsi pembagian waktu untuk melakukan pendidikan/pengajaran dengan waktu untuk melakukan penelitian. Hal tersebut terjadi karena ada beberapa Dosen yang diberi tugas untuk mengajar yang cukup banyak, sehingga otomatis waktunya akan berlebih untuk digunakan dalam hal mengajar. Apabila sudah terjadi seperti demikian, lantas bagaimana seorang Dosen melakukan penelitian?

Seminggu ini di kantor Saya sedang dilaksanakan Ujian Tengah Semester. Ujian tersebut dilaksanakan dalam dua minggu, berdasarkan ruangan kelas yang digunakan. Apabila ruangan kelas perkuliahannya bernomor ganjil, misal R.5403, maka ujian dilaksanakan pada minggu pertama. Apabila kelasnya bernomor genap, misal R.4404, maka ujian dilaksanakan pada minggu kedua.

Adanya waktu kosong walau hanya seminggu ini, Saya harus pintar-pintar untuk menggunakannya dalam hal penelitian. Ya, penelitian memang perlu untuk peningkatan karir sebagai seorang Dosen. Apalagi kalau penelitian tersebut memang didanai oleh pihak Universitas ataupun Dirjen Dikti. Bisa digunakan untuk meningkatkan kesejahteraan seorang Dosen. Untuk itu, saat ini ada beberapa penelitian yang sedang saya lakukan, diantaranya adalah mempersiapkan paper penelitian untuk seminar di Yogyakarta, menyelesaikan penelitian intern UNIKOM yang memang telah dibiayai. Ah, laporan penelitiannya belum beres, uangnya sudah ‘beres’ digunakan, hehe. Ya begitulah kenyataanya.

Selain penelitian tersebut, Saat ini juga Saya harus mempersiapkan proposal penelitian hibah dari Dikti. Semoga saja bisa selesai dalam waktu dekat ini, dan disetujui untuk didanai oleh Dikti. Tidak dapat dipungkiri bahwa konsep penelitian ini selain dapat menambah pengetahuan keilmuan, juga dapat meningkatkan kesejahteraan seorang Dosen, karena dalam proposal pengajuan dana penelitian tersebut juga ada rincian biaya untuk fee para peneliti. Jadi, gaji pokok seorang Dosen memang kecil, tetapi Alhamdulillah insyaAllah tidak ada yang sampai kekurangan.Tahu kan kenapa ?

Leave a Reply

Your email address will not be published.


enam × 2 =